• Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Pemerintah Kabupaten Jembrana

  • Alamat: Jl. Surapati No. 1 Kec. Jembrana Kab. Jembrana Prov. Bali
    Telp.(0365) 41210 Fax.(0365) 41010
    SMS Center: 08123 870 870 Email: ppidjembrana@gmail.com

  • "MAKEPUNG"
    Warisan Budaya Nasional Sertifikat No.192865/MPK.F/DO/2013

  • "JALAK BALI"
    hanya ditemukan di hutan bagian barat Pulau Bali dan merupakan satu-satunya spesies endemik Bali

PPID Pemerintah Kabupaten JembranaSalah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh Informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hak atas Informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi publik, penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan. Hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Partisipasi atau pelibatan masyarakat tidak banyak berarti tanpa jaminan keterbukaan Informasi Publik.

Keberadaan Undang-undang tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan (1) hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi; (2) kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana; (3) pengecualian bersifat ketat dan terbatas; (4) kewajiban Badan Publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi.

Setiap Badan Publik mempunyai kewajiban untuk membuka akses atas Informasi Publik yang berkaitan dengan Badan Publik tersebut untuk masyarakat luas. Lingkup Badan Publik dalam Undang-undang ini meliputi lembaga eksekutif, yudikatif, legislatif, serta penyelenggara negara lainnya yang mendapatkan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)/Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan mencakup pula organisasi nonpemerintah, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, seperti lembaga swadaya masyarakat, perkumpulan, serta organisasi lainnya yang mengelola atau menggunakan dana yang sebagian atau seluruhnya bersumber dari APBN/APBD, sumbangan masyarakat, dan/atau luar negeri.

Sesuai dengan amanat pasal 13 UU No.14 Tahun 2008 Pemerintah Kabupaten Jembrana sebagai salah satu Badan Publik telah menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) melalui Surat Keputusan Bupati Jembrana Nomor 419/Hubkominfo/2012 tentang Penetapan Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi Serta Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi Pembantu dan Peraturan Bupati Jembrana Nomor 43 tahun 2012 tentang Pedoman Pengelolaan Informasi Dan Dokumentasi Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Jembrana.

Dengan terbentuknya PPID pemohon informasi sesuai dengan haknya dapat memperoleh informasi publik yang dihasilkan oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana sesuai dengan ketentuan dalam UU No. 14 Tahun 2008.

PPID Pemerintah Kabupaten Jembrana beralamat : Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Jembrana, Kantor Bupati Jembrana Jalan Surapati No. 1 Jembrana Telp: (0365) 41210 Ext. 3361, Fax ( 0365) 41010 ; Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. ; dan website : ppid.jembranakab.go.id.

VISI – MISI – MOTTO

VISI
Terwujudnya pelayanan informasi yang cepat, akurat, murah dan sederhana kepada  pemohon informasi publik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

MISI

  1. Meningkatkan pelayanan informasi yang berkualitas.
  2. Membangun dan mengembangkan system penyediaan dan layanan informasi.
  3. Meningkatkan kopetensi sumberdaya manusia.

MOTTO
Motto Pelayanan PPID Pemerintah kabupaten Jembrana : Cepat, Akurat, Murah dan Sederhana.

 

ORGANISASI PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI
PEMERINTAH KABUPATEN JEMBRANA

 Struktur Organisasi PPID Jembrana

 

STRUKTUR PPID PEMERINTAH KABUPATEN JEMBRANA

 Struktur Organisasi PPID Pemerintah Kabupaten Jembrana, sebagai berikut:

     1. Dewan Pertimbangan:

         a. Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana.

         b. Asisten Ketataprajaan.

         c. Asisten Ekonomi Pembangunan dan Sosial.

     2. Ketua PPID: Kadis Hubkominfo.

     3. Pengelola Informasi: Kabag. Humas dan Protokol.

     4. Pelayanan Informasi: Kabid Kominfo.

     5. Dokumen dan Arsip:

         a. Kepala Kantor Arsip.

         b. Kasubag Publikasi dan Dokuemntasi pada Bagian Humas dan Protokol.

     6. Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa: Kabag Hukum dan Hak Asasi Manusia.

 

PPID PEMBANTU PEMERINTAH KABUPATEN JEMBRANA

  1. Para Sekretaris pada SKPD: Dinas, Badan, Inspektorat, KPU dan Kecamatan.
  2. Para Kasubag Tata Usaha pada SKPD:  Kantor, Satuan dan Rumah sakit.
  3. Para Kabag pada: Sekretariat Daerah.
  4. Pejabat Fungsional terkait.
  • Jumlah PPID Pembantu Pemerintah Kabupaten Jembrana  sebanyak 36 Orang.
  • Jumlah Total PPID Pemerintah Kabupaten Jembrana sebanyak: 50 Orang.